Kenapa Harus Kuliah PAUD ??

https://www.santaidayana.com/2020/08/kamu-bakal-kuliah-di-paud-setelah-baca.html?m=1

Dewasa ini meskipun PAUD belum terlalu terkenal seperti jurusan kedokteran, hukum, ekonomi atau jurusan-jurusan lain, namun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah memiliki banyak peminat dimana-mana. Hal ini terlihat dari berbagai Universitas di Indonesia baik negeri  maupun swasta yang membuka jurusan PAUD yang dimulai dari jenjang S1 PAUD-S2 PAUD.

Tahu gak sih, PAUD adalah satu-satunya jurusan yang memiliki banyak keragaman didalamnya.

Apa sih keragaman ??

Keragaman itu Multi, yang artinya banyak, lebih dari satu.

PAUD adalah suatu jurusan yang memiliki banyak interdisiplin dan multidisiplin ilmu. Interdisiplin adalah suatu hubungan antara ilmu sedangkan multidisiplin ilmu adalah banyak ilmu terkait didalamnya.

Lantas apa saja sih interdisiplin, multidisiplin atau keragaman di dalam PAUD ?

  •  Psikologi

Kok bisa sih ada psikologi di PAUD ? Ya tentu bisa dan mesti wajib ada dalam kurikulum PAUD, karena bagaimana mungkin anda mengajari seorang anak, memberikan stimulasi, pengasuhan dan perawatan tanpa tahu perkembangan jiwa anak.

  • Kesehatan dan Gizi

Kayak kuliah di kesehatan aja ya belajar kesehatan dan Gizi. Tapi memang di PAUD wajib tahu dan paham tentang kesehatan anak usia dini karena anak yang bahagia mesti sehat dulu kemudian tumbuh menjadi anak cerdas.

  •  Bahasa

Loh apa hubungannya dengan bahasa ? bahasa adalah alat komunikasi. Jadi kalo di PAUD stimulasi bahasa anak itu sangat penting supaya anak memiliki kosakata yang banyak sehingga memiliki rasa percaya diri ketika berinteraksi dengan teman-temannya.

 Baca Juga :  

Kapan Waktu yang Tepat untuk Anak Sekolah ?  

6 Tanda utama anak siap Sekolah Dasar (SD)

  •    Matematika

Bisa ya anak usia dini belajar matematika ??Jawabannya bisa dong, matematika mesti wajib dikenalkan sedini mungkin. Bagaimana caranya ??? tentunya sambil bermain, konsep PAUD adalah bermain sambil belajar dan hal ini juga berlaku buat matematika.

  •    Sosial Emosional

Ini juga gak kalah penting, kenapa ?? karena cerdas tanpa sosial emosionalnya berkembang optimal ya gak baik juga, jadi penting untuk menstimulasi agar anak gak hanya cerdas secara kognitif tapi juga sosial emosional, dimana EQ lebih berperan dalam kesuksesan seseorang daripada IQ.

 

  •   Fisik Motorik

Berasa kayak kuliah di Penjaskes/ Olahraga aja ya kalau ngomongin soal fisik motorik. Tapi ini juga sangat penting loh. Anak pada dasarnya suka gerak dan sangat aktif kita hanya perlu mengawasi mereka. Dengan dikasih kesempatan untuk bergerak aktif anak akan tumbuh sehat secara jasmani dan rohani yang kemudian berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan yang lain secara optimal.

  •   Seni

Di PAUD,  seni itu adalah hal biasa dan wajib ada mulai dari seni tari, seni musik, seni suara, seni rupa dan lain sebaginya. Coba perhatikan deh, anak-anak yang kuliah di PAUD pasti pinter nari, akting, bernyanyi, dan menggambar karena emang di pelajari dan harus bisa. So Masih ragu cari istri seorang Guru PAUD ??

  •  Moral Spiritual

Jadi gak mesti kuliah berbasis keagamaan loh buat belajar moral dan spiritual. Di PAUD, ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa, tidak hanya supaya bisa menstimulasi anak tetapi juga mahasiswa mampu menjadi pribadi yang lebih baik secara moral spiritual.

  • Kewirausahaan

Meskipun anak masih dini, Entrepreneurship (jiwa kewirausahaan) mesti di stimulasi sejak dini loh. Mata kuliah ini juga mengajari mahasiswa untuk mampu berwirausaha. Jadi selain bakal jadi calon pendidik dan seorang ibu, kita juga akan punya bekal untuk bisnis.

  • Antropobiologi

Pengen tahu bagaimana terjadinya kehamilan ?

Bagaimana Permulaan konsepsi  sampai dengan kelahiran ?

Nutrisi selama kehamilan ?

Stimulasi tumbuh kembang pada anak ?

Gak mesti kuliah khusus kebidanan buat dapat ilmu ini, di dalam PAUD hal ini wajib di pahami.

  • Anak Berkebutuhan Khusus

Bicara soal anak, maka ada anak yang berbakat (Kecerdasan diatas rata-rata), anak normal dan anak berkebutuhan khusus seperti down syndrom, hyperaktif dan lain-lain. Seorang guru wajib punya ilmu untuk mendeteksi ke 3 hal ini sejak dini sehingga dapat memberikan penanganan dan stimulasi yang tepat.

  •  Bimbingan Konseling

Menjadi seorang guru anda dituntut untuk mampu membimbing anak tidak hanya merawat dan mengasuh mereka saja, nah bimbingan konseling ini erat kaitannya dengan psikologi loh, keduanya saling interdisiplin. Jadi mahasiswa harus paham Psikologi dan Bimbingan Konseling juga

  •  Pre Parenting/Parenting Education

Di atas semuanya itu, saya percaya bahwa PAUD adalah jurusan yang mengajari kita pendidikan sebelum atau sesudah menjadi orangtua. Kenapa kita mesti belajar menjadi orangtua ??

Karena kita akan melahirkan seorang anak dimana mereka adalah seorang manusia yang perlu kita didik, rawat dan stimulasi. Jawaban yang kedua adalah,  karena anda juga belajar kan untuk bisa bekerja seperti sekarang ?

Hal-hal diatas hanyalah sebagian kecil saja, kalo kita bahas tentang PAUD, cakupannya sangat luas dan dalam sekali.

Kalo anda kuliah di Ekonomi, anda akan fokus di Ekonomi saja, begitu juga kalo di Hukum, Akuntansi, Sosiologi, Geografi, Kedokteran, Administrasi, Bimbingan Konseling, PPKN, Hubungan Internasional, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Teknik dan masih banyak jurusan lain.

Masih ragu Kuliah di PAUD  ???

Mungkin memang anda gak akan sehebat orang yang kuliah di kedokteran, hukum dan lain-lain.

Orang-orang mungkin gak terlalu menganggap anda bisa dan cerdas.

Itu bukanlah masalah dan itu bukan ukuran kesuksesan. Saya yakin anda akan jadi calon-calon ibu hebat suatu hari nanti yang akan melahirkan generasi berkarakter dan cerdas, bukankah itu keren. Hidup PAUD, Keep Fighting and God Bless ?

By : Santa Idayana Sinaga

Cherish