UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG DAN SEAMEO CECCEP JALIN KERJASAMA

SEAMEO CECCEP Dukung PG PAUD Universitas PGRI Palembang dalam Peningkatan Kualitas PAUD Di Indonesia

 

The Southeast Asian Ministers Of Education Organization Center Of Early Childhood Care Education And Parenting (SEAMEO CECCEP) adalah suatu Organisasi Internasional negara-negara Asia Tenggara yang berdiri sejak tahun 1965.

Sekretariat SEAMEO CECCEP terletak di Bangkok, Thailand yang berfokus dalam  mengembangkan dan meningkatkan kualitas Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya.

Yang termasuk anggota SEAMEO CECCEP adalah 11 Negara di ASIA TENGGARA yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Vietnam dan Timor Leste.

 

SEAMEO memiliki 26 Wilayah Pusat dan Jaringan yang terdiri dari 16 Pusat pendidikan, 7 pusat dan 1 jaringan ilmu pengetahuan dan 2 pusat kebudayaan.

Selain itu SEAMEO CECCEP juga memiliki 8 Negara Anggota Kehormatan (Australia, Prancis, Kanada, Jerman, Inggris, New Zealand, Belanda dan Spanyol serta 4 Lembaga Anggota Kehormatan

SEAMEO CECCEP dalam menjalankan tugasnya tentu memiliki visi misi. Salah satu Visi Misi SEAMEO CECCEP adalah membangun jaringan kerjasama regional baik dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.

Oleh karena itu tepat tanggal sebelas september 2020, Penandatangan MOU antara Universitas PGRI Palembang dan SEAMEO CECCEP resmi di laksanakan.

Penandatangan MOU ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yaitu Dr.H.Bukman Lian, MM,M.SI beserta wakil-wakil Rektor, Dekan dan para pejabat lainnya serta Direktur SEAMEO CECCEP yaitu Dr. Dwi Priyono, M.Ed dan para deputi SEAMEO CECCEP.

Universitas PGRI Palembang secara khusus memiliki Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) yang sudah berdiri sejak tahun 2013.

Dalam sambutannya, Dr. Dwi Priyono, M.Ed menyatakan bahwa siap untuk membangun kerjasama dan dukungan terhadap Universitas PGRI Palembang khususnya program studi PAUD untuk meningkatkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas dalam bidang PAUD dan Parenting.

Dalam hal ini SEAMEO CECCEP mengharapkan progam studi PG PAUD, segenap praktisi dan akademisi yang ada di dalamnya untuk dapat berpartisipasi dalam mendukung program kerja SEAMEO CECCEP yang menerapkan 3 pendekatan untuk mencapai tujuannya yaitu :

  •  Research and Development (Penelitian dan Pengembangan)

Adapun yang menjadi program kerja dari penelitian dan pengembangan ini adalah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada praktisi, akademisi maupun masyarakat yang ingin melakukan penelitian dalam bidang PAUD maupun parenting.

Lebih lanjut SEAMEO CECCEP juga membangun kapasitas dan pengetahuan yang berbasis research

  • Pengembangan Kapasitas

Kapasitas sendiri adalah suatu kemampuan atau keterampilan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam hal ini SEAMEO CECCEP melaksanakan kegiatan seperti mengadakan worksop, training, magang, pertukaran pelajar, seminar, webinar dan lain sebagainya.

Selain itu penting untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi di zaman millenial sekarang.

  •  Advokasi dan Kerja sama

Sesuai dengan visi misi SEAMEO CECCEP maka dalam pendekatan Advokasi dan Kerja sama ini, SEAMEO CECCEP melakukan berbagai jaringan kerja sama baik lokal, nasional dan internasional untuk mempermudah akses kerja sama baik dalam penelitian maupun pengembangan kapasitas.

Dari hasil penelitian yang telah didapatkan, maka SEAMEO mengadvokasi hasil-hasil penelitian tersebut untuk merumuskannya sebagai suatu program dan kebijakan-kebijakan baru yang akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas PAUD dan pendidikan keluarga. SEAMEO CECCEP juga berwenang untuk menyebarluaskan dan mempublish penelitian-penelitian tersebut dalam jurnal-jurnal ilmiah.

Sejalan dengan 3 pendekatan di atas, tentunya SEAMEO CECCEP untuk mencapai Visi Misi nya memiliki nilai-nilai yang dijunjung tinggi seperti kepentingan terbaik bagi anak, sensitif budaya, sosial, ekonomi, agama dan gender, responsif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar serta inklusif.

Melihat penjabaran di atas, apa yang menjadi visi misi SEAMEO CECCEP juga selaras dengan visi misi Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Palembang yaitu meningkatkan sumberdaya manusia unggul dalam bidang PAUD dan Parenting.

Oleh karena itu dukungan dan kerja sama SEAMEO CECCEP terhadap Universitas PGRI Palembang khususnya Prodi PG PAUD sangat antusias diterima oleh Universitas PGRI Palembang.

Jika anda adalah mahasiswa, praktisi maupun akademisi yang punya penelitian tentang PAUD dan Parenting serta ingin mengikuti seminar-seminar nasional dan internasional, pelatihan maupun worksop untuk mendukung program kerja SEAMEO ini, silahkan kunjungi situs resmi nya untuk info lebih lanjut  http://seameo-ceccep.org/web/

Akhir kata semoga dengan terjalinnya kerja sama antara Universitas dan Program Studi dengan organisasi Internasional SEAMEO CECCEP ini membawa dampak positif terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia, tidak hanya mahasiswa pada khususnya tetapi juga segenap akademisi dan praktisi yang bergerak dalam bidang PAUD dan Parenting.

Pada akhirnya SEAMEO CECCEP hanyalah sebuah organisasi besar dengan segala kebijakan dan pendekatan di dalamnya yang tanpa sebuah jaringan kerja sama, sangat sulit untuk mencapai suatu tujuan. Kita perlu bahu membahu, saling tolong menolong dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan kita bersama.

Semoga Visi Misi SEAMEO CECCEP dan Prodi PG PAUD dapat terwujud, Aminnnn.

Keep Fighting and God Bless?

By : Santa Idayana Sinaga